Sunday 1 December 2013

Belajar Pemrograman Web



بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Di awal-awal semester kuliah dulu kalo gak salah di semester 3 atau 4 (lupa) saya paling seneng berselancar di internet apalagi kalo nemuin blog yang membahas tuntas tentang dunia pemrograman web bahkan saya sampai register kesemua forum-forum pemrograman web saking antusiasnya pengen belajar dunia website.

gambar by: makoweb.com


Memiliki skill dalam bidang pemrograman web waktu itu sangat saya impikan apalagi kalo saya lihat website-website keren bertebaran di internet bikin saya tambah ngiler pengen menguasainya (lebaayy).

Bagi kamu yang ingin belajar pemrograman secara teknis, dalam artian kamu ingin belajar HTML, PHP, dll. saya ingin sedikit sharing pengalaman (halahh..) buat kamu yang ingin memulai pemrograman internet (web), namun bingung mulai dari mana belajarnya. Sedikit cerita mungkin bisa membawa kamu pada satu kesimpulan yang bisa membuat konsepmu bertambah dalam memulai pemrograman internet.

Saya dulu pertama kali belajar web waktu kuliah, dan saya pernah sedikit mempelajari cara menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, dll. Kalo kamu pernah belajar menginstall salah satu CMS tersebut, kamu akan lebih mudah mempelajari hal-hal yang lain. Namun jika kamu belum pernah, bukan berarti kamu tidak akan bisa dengan materi web yang lain. 

Yang perlu kita ketahui web adalah bagaimana sebuah web dibangun diatas sebuah server yakni Apache, nah apache ini sendiri gratis kita gunakan dan bisa kalian donlot di websitenya langsung tapi jikalau kalian hanya ingin belajar HTML tidak perlu memakai server, sebagai latihan awal kalian bisa mencoba pakai XAMPP bisa kamu unduh DISINI gratiss!! paket ini berisi Apache, PHP, MySQL, FTP dan Mail.

Nah pertanyaannya apa sih yang harus dipelajari supaya bisa bikin web?? yang pertama kalian harus tau dulu adalah komponen-komponennya, yang mana mana sih komponennya??

Berikut komponennya beserta penjelasannya:

  1. HTML (Hypertext Markup Language) : yakni bahasa Mark up yang membangun struktur web. untuk bisa mempelajari HTML kalian bisa menggunakan notepad dan browser. Ketik kode HTML pada notepad kemudian simpan dalam format .html baru kemudian kalian buka dengan firefox atau browser apa aja.
  2. CSS (Cascading Style Sheet) : Yaitu komponen web yang membuat tampilan web menjadi lebih menarik. Kalau tadi HTML berfungsi sebagai struktur dari web, maka CSS merupakan isi dari web. Seberapa besar mata kita, CSS lah yang memberikan presentasi dan tampilan pada orang yang melihat.
  3. Pemrograman dinamis, beberapa yang terkenal misalnya PHP, ASP, Python, dll. Yang paling banyak digunakan adalah PHP karena selain gratis, PHP juga memiliki dokumentasi yang banyak, sehingga jika kalian kesulitan dalam membuat program, kalian bisa melihat sumber yang banyak bertebaran di internet. Bahasa pemrograman seperti C/C++, Visual Basic, C#, sebenarnya juga bisa digunakan, namun jarang dipakai. tapi tidak sedikit juga yang melalui pemrograman seperti C/C++, Visual Basic, C# tadi.
  4. Penyimpanan data, yakni DBMS (Database Manajement System) adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data-data, baik itu data user, password, data kartu kredit, daftar belanja, data nilai kuliah, dll. Ada banyak aplikasi penyimpanan data, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dll. MySQL adalah DBMS yang sering digunakan. Namun jika kalian ingin menggunakan aplikasi DBMS yang lain, biasanya DBMS ini menggunakan satu bahasa untuk mengaksesnya, SQL. SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk manajemen data dalam DBMS. Jika kamu mengetaui SQL ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi DBMS di atas.
  5. Javascript, kalo boleh saya bilang belajar javascript adalah optional saja. Namun kadang kala kita sering membutuhkan kemampuan bahasa yang satu ini. Facebook dan Twitter terkenal karena memiliki aplikasi yang interaktif. Semua itu bisa dilakukan karena javascript ini.

Oya sebagai acuan untuk belajar pemrograman web kalian bisa masuk ke situs w3schools, disitus ini kalian bisa belajar mulai dari beginer (pemula) sampai expert (mahir), selain website tadi kalian juga bisa belajar di situs Tizag, serta di website tutsplus nah disitus ini tidak kalah bagus karena situs ini memiliki banyak tutorial mulai dari tutorial pemula sampai tingkat mahir.


0 comments:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes