Thursday 29 May 2014

Solusi Meningkatkan Performa Komputer (PC/Laptop)


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Memang, seperti yang kita ketahui ada banyak faktor yang menyebabkan komputer atau laptop kita kurang maksimal performanya entah itu dikarenakan dari perangkat kerasnya sendiri (Hardware) ataupun dari softwarenya terlebih lagi jika computer kita telah memasuki umur yang relative lama sebut saja komputer tua.

Nah dari segi Hardwarenya sendiri solusi terbaiknya adalah dengan mengupgrade Hardwarenya, bisa dengan mengganti prosesornya yang lama menjadi prosesor baru, atau bisa juga dengan mengganti bahkan menambahkan kapasitas RAM nya, dengan begitu tentu saja komputer anda akan mengalami peningkatan performa.

Bagaimana dari segi Softwarenya?? Dari segi softwarenya juga ada banyak faktor penyebabnya, dan berikut beberapa penyebabnya :


  1. Jumlah aplikasi yang terinstal pada komputer anda tentu akan sangat berdampak pada komputer anda terkecuali jika spek komputer anda memang tinggi, jadi tidak masalah jika anda install banyak aplikasi yah walaupun sedikit tidaknya ada berdampaknya namun tidak begitu berpengaruh.
    Saran: Sebisa mungkin untuk tidak menginstal aplikasi yang tidak kalian butuhka
  2. Keseringan kita dalam menghapus dan menginstal aplikasi tentunya akan meninggalkan banyak registeri di komputer anda dan itu akan tetap tertinggal sebelum anda membersihkan registerinya
    Saran: Setiap aplikasi yang kalian install sempatkan diri anda untuk menghapus registerinya, di internet ada banyak software yang bisa kalian gunakan untuk menghapusnya.
  3. Tidak membuatkan partisi hardisk untuk file data, tentu akan sangat berpengaruh apabila hardisk yang kalian gunakan tidak dipartisi karena jika data-data penting yang kalian simpan di drive C tentu akan mempengaruhi ruang Operating System(OS).                                                                                Saran: Buat hardisk anda menjadi 2 atau tiga partisi selain drive C 
  4. Partisian hardisk anda penuh, karena ruang kosong pada setiap drive yang melebihi ruang maksimum yang diperlukan akan memperlambat proses baca tulis hard drive, dan ini akan mempengaruhi kinerja Windows.
  5. Komputer kalian terserang virus, ya memang itu sangat lumrah sekali pada setiap computer, karena tidak ada komputer yang tidak ada virusnya kecuali kalian punya antivirus yang strong untuk menangkalnya.
  6. Alasan yang terakhir ini hanya terjadi pada komputer yang lama anda (komputer tua) karena Semakin tua umur Windows maka file-file register pada Windows akan semakin banyak dan menumpuk, hal ini akan menyebabkan loading Windows semakin berat dalam membaca file register ada, belum lagi register-register bisa rusak sehingga memperlambat kinerja Windows.
        
Mungkin Cuma itu beberapa solusi yang bisa saya jabarkan walau pada kenyataannya ada banyak penyebab komputer kita tidak bisa bekerja dengan performa yang kita inginkan, sampai jumpa pada postingan selanjutnya.  
-       

-          

-          
-          

0 comments:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes